MODIFIKASI TUTUP PENTIL BAN SEPEDA MOTOR

Advertise with Anonymous Ads

Perkembangan industri khususnya kendaraanroda dua kian pesat. Berbagai model atau modifikasi keluaran pabrik dan modif secara personal mengalami perubahan yang sangat signifikan setiap waktu. Bahkan, perubahan itu tidak saja pada hal–hal yang umum, sampai yang terkecil pun menjadi perhatian para biker maupun preodusen sepeda motor
Diantara pada bagian ban. Ban merupakan piranti yang memegang peranan vital pada sepeda motor. Bahkan dengan merawat sibundar ini sudah pasti menjadi ritual wajib bagi pengendara sepeda motor, selain sebagai penghematan,merawat ban dengan benar juga turut menjaga keselamatan pengendara maupun penumpangnya.
Tekanan udara ban yang sangat tidak tepat akan sangat mempengaruhi keseimbangan dan stabilitas laju sepeda motor. Jangan pernah memakai ban lain kecuali yang ditetapkan oleh pabrikan sepeda motor karena fungsi ban sangat vital bagi sepeda motor perlu mengetahui penyebab kerusakannya, diantaranya terkait komponen ban tersebut yakni tutup pentil.
Meski kecil, jangan dikira luput dari perhatian para pengguna sepeda motor, dan tentunya oleh produsen yang menciptakan berbagai model tutup pentil ban. Saat ini berbagi tutp pentil ban sudah ada dipasaran, baik yang besar, kecil, runcing, bulat, dan berbagai jenis lainnya dengan variasi warna yang mencolok.
“Jangan salah, bendanya memang kecil, tetapi menjadi perhatian utama, sangat besar pengaruhnya. Sebab, secantik apapun sepeda motor dengan berbagai modifikasinya, tutup pentil akan tetap diperhatikan. Kalau jelek, pandangan motor yang dimodif sedemikian bagus menjadi hilang, hanya karena tutup pentil,” sebut seorang pengguna tutp pentil ban beermodel, Rafend, Kamis, (26/05).
Menurutnya, tutup lubang ban atau pentil sudah menjadi keharusan bagi pengendara untuk diperhatikan. Sebab, tidak saja karena model atau gaya yang ingin ditampilkan tetapi juga keamanan dan kenyamanan dalm mengendarai sepeda motor. Apalagi kerusakan sering terjadi pada sekitaran tutup pentil ban.
“Ada modifikasi terbaru dari tutup pentil ini yakni model lampu. Ini saya minati karena menarik perhatian. Terutama pada malam hari yang membuat motor bercahaya pada lingkaran ban ketika dikendarai,” tutur Rafend.
Hal yang sama juga diungkapkan, Naufal. Menurut pria yang bekerja di perusahaan swata ini, tutup pentil memiliki keistimewaan tersendiri. Semakin bagus tutup pentil yang digunakan dan berkualitas, maka semakin bagus juga nilai yang diberikan, baik dari sisi keamanan, kenyamanan dan model yang ditampilkan. Sebab, tutup pentil ban juga bagian dari modifikasi.
“Kalau bahannya semakin bagus, padat dan terbuat dari bahan anti karat seperti alumunium, maka semakin bagus dan mahal. Umumnya harga satu tutup pentil ban berkisar Rp 10.000,- sampai Rp 20.000,-.
Namun jika bahannya berkualitas apalagi menggunakan kuningan atau campuran tentu bisa mecapai puluhan ribu, “sebutnya.








Lakukan Rotasi Ban
·         Periksa jarak tempuh dan sisi luar ban, untuk menjaga keselamatan. Setiap 10.000km keseimbangan dan kelurusan ban harus dicek. Apalagi bila sering digunakan dalam kesepatan tinggi. Lakuan rotasi diantara dua ban. Sebaiknya gunakan ban dengan diameter yang ditentukan dari standar motor anda.
·         Periksa secara rutin tekanan angin (baiknya setiap hari pada saat udara dingin). Samakan tekanan angin antara yang depan dan belakang. Sebab laju motor yang tidak seimbang berbahaya sekali buat mengendarai dan pengereman.
·         Suhu dan cuaca juga mempengaruhi keawetan ban.kondisi jalan yang panas pada musim kemarau menyebabkan usia ban betambah lebih pendek dibandingkan musim hujan.
·         Cara mengemudi dari pengendara juga bisa mempengaruhi keawetan ban tersebut. Cara memulai jalan yang mendadak dan pengereman yang mendadak, berpengaruh besar dengan keawetan ban.

Related Posts:

0 Response to "MODIFIKASI TUTUP PENTIL BAN SEPEDA MOTOR"

Post a Comment