LAPORAN PRAKERIN

Advertise with Anonymous Ads
LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI ( PRAKERIN )                                                                               TAHUN PALAJARAN 2010 – 2011
SISTEM KOPLING PADA MOBIL TOYOTA KIJANG LGX





DISUSUN OLEH :
FIKRA FERNANDA                                                                                                                                                                           NIS : 606
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNIK OTOMOTIF

YAYASAN KANADA SAKURA INDONESIA ( KANSAI ) RIAU                                                                                                                  SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ( SMK ) KANSAI                                                                                                                                             PEKANBARU                                                                                                                                                                             2O1O
LEMBAR PENGESAHAN

  JUDUL             : SISTEM KOPLING PADA MOBIL TOYOTA KIJANG LGX
NAMA             : FIKRA FERNANDA
NIS                  : 606
JURUSAN       : TEKNIK OTOMOTIF
 SEKOLAH       : SMK KANSAI

                                                                                DISAH KAN OLEH :

PEMBIMBING LAPORAN                                               PEMBIMBING PERUSAHAAN


                  ARMANSYAH S.E                                                             HAMDUL ABRAR                                                                                NIK

DIKETAHUI OLEH :
                                                           KEPALA SMK KANSAI


                                                                                     SUDARMAN S.Pd                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           NIK 992 014 001
                                                                                                                                                                                                                                   
                                                                                                i
LEMBAR PENGUJIAN

  JUDUL             : SISTEM KOPLING PADA MOBIL TOYOTA KIJANG LGX
NAMA             : FIKRA FERNANDA
NIS                  : 606
JURUSAN       : TEKNIK OTOMOTIF
 SEKOLAH       : SMK KANSAI


                                                                TIM PENGUJI

PENGUJI  I                                                                                 PENGUJI  II


(                                                  )                                                                                (                                                )


                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            ii
                                                               
                                                                KATA PENGANTAR

Assalammualaikum wr,wb
Alhamdulillahirabbil alamin, puji syukur kehadiran Allah SWT, saya ucapkan karena berkat rahmat dan karunianya saya dapat menyelesaikan laporan praktek kerja industri (PRAKERIN ) ini hingga selesai. Laporan ini dibuat sebagai tanda akhir dari praktek kerja industri (PRAKERIN ),dan kewajiban bagi semua siswa yang sudah melaksanakan praktek kerja industri (PRAKERIN ). Dan juga sebagai syarat mengikuti Ujian Akhir Sekolah ( UAS ) dan Ujian Akhir Nasional ( UAN ).
Dalam penulisan laporan ini terdapat kesalahan dan kekurangan baik dalam tata bahasa maupun isi. Untuk itu, saya sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca semua untuk mengoreksi, agar kedepannya bisa lebih baik lagi.
Dan akhirnya pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada semua pihak yang telah membantu saya dalam penyelesaian laporan ini.
Demikianlah laporan ini saya buat semoga sangat bermanfaat bagi semua yang membaca dan adik – adik kelas untuk panduan dalam menulis hal yang serupa.
Akhir kata saya ucapkan terima kasih, wassalam.


                                                                                    Pekanbaru, 15 December 2010
                               

                                                                                                                                FIKRA FERNANDA
                                                                       
                                                                       

                                                                        iii

DAFTAR ISI
      LEMBAR PENGESAHAN................................................................................................... i
LEMBAR PENGUJIAN LAPORAN..................................................................................... ii
KATA PENGANTAR......................................................................................................... iii
DAFTAR ISI...................................................................................................................... iv
DAFTAR GAMBAR.......................................................................................................... vi
PERISTILAHAN / GLOSSARY.......................................................................................... vii
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Laporan.......................................................................................... 1
1.2  Tujuan Penulisan Laporan...................................................................................... 2
1.3  Waktu Pelaksanaan................................................................................................ 2
1.4  Identitas Perusahaan
1.4.1  Sejarah Perusahaan.................................................................................... 3
1.4.2  Struktur Perusahaan.................................................................................. 4
1.4.3  Disiplin dan Keselamatan Kerja................................................................. 4
1.5  Jenis Kegiatan.......................................................................................................... 5
1.6  Pokok Kegiatan........................................................................................................ 6
BAB II PEMBAHASAN
2.1  Pembahasan Secara Teoritis
2.1.1  Pengertian Kopling..................................................................................... 7
2.1.2  Fungsi Kopling............................................................................................. 7
2.1.3  Komponen – Sistem Kopling..................................................................... 7
2.1.4  Cara Kerja Sistem Kopling.......................................................................... 8
                                                           
                                                            iv          

2.2  Analisa  Kerusakan Pada Sistem Kopling
2.2.1  Kopling Noise.............................................................................................. 9
2.2.2  Kopling Menimbulkan Gangguan Suara................................................... 9
2.2.3  Kopling Slip................................................................................................ 10
2.2.4  Kopling Tidak Mau Bebas Dengan Sempurna........................................ 10
2.3  Pemeriksaan Komponen – Komponen Utama Kopling
2.3.1  Fly Wheel................................................................................................... 10
2.3.2  Release Bearing........................................................................................ 11
2.3.3  Clutch Disc................................................................................................. 12
2.3.4  Release Fork.............................................................................................. 13
2.4  Hambatan dan Kendala........................................................................................ 14
BAB III PENUTUP
3.1  Kesimpulan............................................................................................................ 15
3.2  Saran...................................................................................................................... 16
DAFTAR PUSTAKA

                                                          
                                                          

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   

                                                                              V


DAFTAR GAMBAR

Gambar  1.1  Rangkaian dan Komponen Unit Kopling......................................... 8
Gambar  1.2  Pengukuran run – out Fly Wheel dan pemeriksaan pilot bearing.. 11
Gambar  1.3  Memasang dan melepaskan Pilot Bearing................................... 11
Gambar  1.4  Pemeriksaan Release Bearing..................................................... 12
Gambar  1.5  Pemeriksaan kedalaman paku keling dan pemasangan kampas....13
Gambar  1.6  Pengukuran run – out plat kopling.............................................. 13









                                                                      
                                                                      
                                                                       vi

PERISTILAHAN /GLOSSARY
         
Clutch Assembly     = Unit kopling bersama kelengkapan komponennya.
Engine                    = Mesin/motor penggerak kendaraan.
Clutch                    = Kopling.
Gear Box                      = Transmisi untuk mengatur besarnya reduksi tenaga/rpm.
Final Drive             = Penggerak akhir diffresial yang akhirnya disalurkan ke roda
                                         Kendaraan.
Dog Clutch             = Kopling jenis bergigi dalam proses pemindahan tenaga-nya.
Friction Clutch        = Kopling jenis gesek dalam proses pemindahan tenaganya atau
                                          sering  juga disebut dengan kanvas kopling.
Synchronmesh         = Penyama putaran roda gigi.
Drive Disc              = Piringan penggerak yaitu piringan yang bergerak bersama dengan
                                         mesin/sumber tenaga.
Driven disk             = Piringan yang digerakan yang berhubungan dengan sistem
                                          pemindah tenaga yang lainnya.
Crankshaft              = Poros engkol yang berfungsi sebagai komponen untuk mengubah
                                          gerak urus piston menjadi gerak putar.
Fly wheel                = Roda Gila atau roda penyimpan gaya kelembaman putaran mesin.
Throwout lever        = Atau juga disebutClutch Fork atau plate Lever atau tuas pembebas
                                         kopling, berfungsi untuk menyalurkan tenaga pembebas kopling.
Throwout bearing    = Bantalan tekan penekan pegas kopling.
Reservoir                = Tabung penampung persediaan minyak hidrolis.
Pipe joint                = Nepel tempat menyambungkan pipa elastis.
Return spring          = Pegas pengembali dapat dalam bentuk pegas tarik atau pegas tekan.
Check valve            = Sejenis katup bekerja karena perbedaan tekanan,saat tekanan
                                         disistem kopling berkurang maka katup membuka dan minyak
                                          hidrolis dari reservoir masuk ke sistem.
Bleeder plug           = Baut bleeding berfungsi untuk mengeluarkan udara dari sistem                         hidrolis.




                                                                       vii
                                                                       BAB I
PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG LAPORAN
Seiring dengan perkembangan dunia yang semakin pesat dan persaingan global semakin tinggi, terutama dalam ilmu non – teknologi dan teknologi. Maka dari itu dunia pendidikan harus mempunyai kualitas yang bagus, sehingga bisa bersaing dengan dunia usaha di bidangnya masing – masing. Seiring dengan itu, pemerintah telah memberikan sarana dan pra sarana kepada masing – masing sekolah, agar dapat menciptakan bibit – bibit penerus generasi bangsa yang unggul di bidangnya masing – masing.
Untuk membentuk siswa – siswi yang professional  dan kompeten di bidangnya, sesuai anjuran pemerintah yang telah memberikan sarana dan prasarana, maka SMK KANSAI mengadakan program praktek  kerja industri ( PRAKERIN ). Namun yang perlu kita ketahui, sekolah bukan hanya mendidik generasi yang siap terjun dibidang kerjanya,sekolah harus bisa menghasilkan siswa – siswi  yang berkualitas dibidangnya baik secara material maupun non material.
Setelah siswa – siswi selesai melaksanakan praktek kerja industri ( PRAKERIN ), maka seluruh siswa – siswi diwajibkan untuk menyusun sebuah laporan, tentang seluruh kegiatan yang siswa – siswi lakukan ditempat pelaksanaan praktek kerja industri ( PRAKERIN ) masing – masing. Sesuai dengan apa yang dilakukan serta dipahaminya.
Setelah seluruh siswa – siswi selesai menyusun laporan tersebut, maka siswa – siswi ini akan diuji sesuai dengan laporan yang telah dibuatnya. Adapun maksud dari pengujian ini adalah untuk mengetahui apakah siswa – siswi tersebut benar – benar memahami laporan yang telah disusunnya.

                                                                                                                                               




                                                                                                                                                                                                                                                                                                            1
1.2  TUJUAN PENULISAN LAPORAN
Adapun tujuan dari penulisan laporan ini adalah sebagai syarat untuk mengikuti ujian kompetensi dan ujian akhir nasional. Selain itu penulisan laporan ini juga sebagai bukti bahwa selama melaksanakan praktek kerja industri ( PRAKERIN ) memang benar – benar dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan standar serta prosedur yang ada.
Selain itu masih banyak lagi  tujuan penulisan laporan, antara lain sebagai berikut :
1.      Sebagai penilaian bagi pihak sekolah atas hasil kegiatan siswa selama                   melakukan praktek kerja industri ( PRAKERIN ).
2.      Memperdalam daya serap siswa dari segi tata bahasa dan penguasaan      materi.
3.      Meningkatkan daya nalar dan pola pikir siswa.
4.      Untuk memperkaya kemampuan siswa dalam memahami bahan – bahan yang akan ujikan.
5.      Agar siswa – siswi  benar – benar memahami materi yang akan ditulis.
6.      Agar siswa – siswi bisa mengembangkan sesuatu yang ingin dikembangkannya.
7.     Agar bermafaat bagi semua yang membaca.




1.3  WAKTU PELAKSANAAN
Waktu pelaksanaan kegiatan praktek kerja industri ( PRAKERIN ) gelombang pertama dilakukan kurang lebih selama 5 ( lima ) bulan yang dimulai tanggal 20 Juli – 11 Desember 2010, dilaksanakan di BENGKEL HAM AUTO SERVICE yang beralamat di Jl Kaharuddin Nasution, Simpang  Tiga, Pekanbaru.



                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 2
1.4  IDENTITAS PREUSAHAAN
1.4.1  Sejarah Perusahaan
BENGKEL HAM AUTO SERVICE pertama kali didirikan pada bulan Juni 2004 di Jl Kaharuddin Nasution, Simpang  Tiga, Pekanbaru. Bengkel ini dulu hanyalah bengkel tubless ( kecil ) yang berdiri di sebuah ruko sekaligus rumah pemiliknya yaitu Bpk. HAMDUL ABRAR. Adapun jenis usaha yang dilayani adalah jasa service, perbaikan, serta overhaul kendaraan roda empat.
Seiring dengan semakin berkembangnya zaman, serta semakin banyak kendaraan yang akan di servis, maka ditambahlah ruko sebanyak 3 ( tiga ) unit lagi dan sekarang menjadi 4 (empat ) unit ruko dan sekarang  mampu menampung banyak kendaraan. Sekarang bengkel tersebut sudah membuka 2 ( dua ) cabangnya yaitu HAM MOTOR dan HAM AUTO SERVICE yang kedua – duanya beralamat di Jl Harapan Raya / Imam Munandar.
Pada awalnya bengkel Ham Auto Service ini mempunyai sekitar 3 ( tiga ) orang karyawati dan 9 ( sembilan ) orang mekanik. Karena bengkel tersebut membuka cabang maka jumlah mekanik semakin bertambah banyak, tetapi tak beberapa lama jumlah mekanik yang ada di bengkel Ham Auto Service Jl Harapan Raya berkurang, sehingga membuat pekerjaan menjadi kewalahan. Untuk menghindari hal tersebut,  Ada kemungkinan penambahan mekanik yang akan bekerja di bidang kepandaiannya masing – masing.






                                                                                                                                        


                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 3
1.4.2  Struktur Perusahaan

STRUKTUR ORGANISASI
BENGKEL HAM AUTO SERVICE
JL. Kaharuddin Nasution, Simpang  Tiga, Pekanbaru.

PIMPINAN

 

KEPALA BENGKEL

KASIR /ADM
KEPALA MEKANIK
BAGIAN PEMBELIAN
MEKANIK
STAFF BENGKEL


HELPER MEKANIK
      
       
       
1.4.3  Disiplin Dan Keselamatan Kerja
Adapun Disiplin Dan Keselamatan Kerja yang dterapkan di BENGKEL HAM AUTO SERVICE adalah sebagai berikut :
1.      Seluruh mekanik dan karyawati harus berada dibengkel jam 07.30.
2.     Apabila ada karyawan yang datang terlambat maka akan di berikan sanksi sesuai peraturan yang ada.                                                                                                                                                     

                                                                                                                 4
3.      Sebelum bekerja seluruh mekanik membersihkan bengkel, seperti merapikan kunci – kunci, menyapu, dan mengepel. Dan tugas karyawati adalah membersihkan kaca, meja, dll.
4.      Seluruh anak magang wajib memakai seragam kerja yang sudah disediakan.
5.      Seluruh karyawan dilarang bercanda, bergurau, dan membuat keributan selama jam kerja.
6.      Jam istirahat siang selama 1 ( Satu ) jam yang dimulai dari jam 12.00 sampai dengan jam 13.00. setelah itu semua mekanik kembali bekerja menyelesaikan tugasnya masing – masing.
7.      Bengkel ditutup sekitar jam 17.30, sebelum pulang semua alat – alat yang di pakai di rapikan kembali, agar terlihat bersih dan rapi.
8.      Waktu kerja selama 1 ( satu ) minggu, dan libur 2 ( dua ) minggu sekali.
Aturan dan tata tertib yang ada merupakan kewajiban seluruh mekanik dan karyawati untuk mematuhi dan mentaatinya.



1.5  JENIS KEGIATAN
Adapun jenis kegiatan yang saya lakukan selama praktek kerja industri         
( PRAKERIN ). Antara lain adalah sbb :
1.      Melakukan servis ringan pada mobil bensin.
2.      Membantu mekanik saat bongkar pasang mesin, serta kerja – kerja perbaikan mobil bensin seperti overhaul gear box dll.
3.      Membersihkan blok slinder kepala slinder setelah  turun mesin/overhaul.
4.      Membeli spart part / suku cadang mobil.
5.     Melakukan test driver pada mobil yang baru selesai di perbaiki.

                                                                                                                



                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           5
1.6  POKOK KEGIATAN
 Berdasarkan jenis kegiatan yang saya lakukan selama melakukan praktek kerja industri (PRAKERIN ) di bengkel, maka saya mengambil pokok kegiatan yakni mengenai SISTEM KOPLING PADA MOBIL TOYOTA KIJANG LGX.           













                 














                                                                                                                                         6
BAB II

PEMBAHASAN

2.1  PEMBAHASAN SECARA TEORITIS

2.1.1  Pengertian Kopling
Kopling atau Clutch yaitu peralatan transmisi yang menghubungkan poros engkol dengan poros roda gigi transmisi. Kopling suatu perangkat atau sistem yang merupakan bagian dari sistem pemindah. Pada bidang otomotif, kopling digunakan untuk memindahkan tenaga motor ke unit trasmisi. Dengan menggunakan kopling, pemindahan gigi -gigi transmisi dapat dilakukan, kopling juga memingkinkan motor juga dapat berputar walaupun tidak dalam posisi netral.


2.1.2  Fungsi Kopling
Fungsi kopling adalah untuk memindahkan, memutus dan menghubungkan putaran tenaga mesin ke transmisi, kemudian transmisi mengubah tingkat kecepatan sesuai yang diinginkan dengan lembut dan cepat.


2.1.3   Komponen – Komponen Sistem Kopling
1.      Fly Wheel.
Fly Wheel berfungsi untuk menstabilkan putaran mesin dan meneruskan langsung putaran mesin ke unit transmisi.

2.      Clutch disc.
Clutch disc merupakan benda yang bergesekan atau berhubungan langsung dengan Fly Wheel yang berfungsi untuk memutuskan dan menghubungkan putaran Fly Whee ke transmisi.
                                                                                                                                   
3.      Clutch Cover
Pada Clutch Cover terdapat plat penekan  dan pegas diafragma. Plat penekan berfungsi untuk menekan Clutch Disc sedangkan pegas diafragma berfungsi mengungkit plat penekan.

4.      Release Bearing
Release Bearing berfungsi untuk menekan pegas diafragma.

    
                                                                                                                                         7
5.      Release Fork
Release Fork berfungsi sebagai penekan Release Bearing.

Gambar 1.1. Rangkaian dan komponen unit kopling
2.1.4  Cara Kerja Sistem Kopling
Adapun cara kerja kopling ( Clutch Disc ) Adalah sebagai berikut :
Fly wheel atau roda gila meneruskan sekaligus menyimpan energi dari Crank Saft (kruk as) mesin saat mesin hidup (berputar), Plat kopling menjadi satu-satunya perantara tenaga mesin dengan Porseneling kita yang akhirnya tenaga ini akan diteruskan ke Roda. Sedangkan Dekrup bekerja sebagai pengatur kapan tenaga mesin di teruskan dan kapan tenaga mesin tidak diteruskan, hal ini dilakukan oleh kaki kita saat menginjak atau melepas pedal kopling melalui perantara Drek lahar.
Catatan : Dekrup di ikat dengan 6(biasanya) baut terhadap fly wheel. plat kopling menjadi pengisi bagian tengah antara fly wheel dengan dekrup. Pada bagian tengah plat kopling terdapat lubang bergigi yang akan masuk kedalam As blender sebagai penerus tenaga dari plat kopling ke Gearbox porseneleng.



                                                                                                                                                                                                                                                                                                8
• Ketika kaki tidak menginjak pedal kopling
Ketika kaki kita tidak menginjak pedal kopling , dengan melihat susunan diatas maka bantalan
dekrup akan menekan plat kopling terhadap fly wheel sehingga seolah olah Fly wheel, plat kopling dan dekrup menjadi satu kesatuan sebagai benda rigid. sehingga apabila fly wheel berputar 10rpm maka demikian pula dengan plat koplingnya. Dengan cara inilah tenaga dari mesin dapat di transfer ke dalam Gearbox porseneleng (melalui as blender) yang pada akhirnya diteruskan ke roda.

• Ketika kaki menginjak pedal kopling :
Ketika kaki kita menginjak pedal kopling, maka dreklahar mendorong kuku/ tuas dari dekrup sehingga bantalan dekrup yang menekan plat kopling dan roda gila terangkat. ketika terangkat inilah posisi dikatakan Free / perei. Dimana perputaran dari roda gila tidak di ikuti oleh perputaran dari plat kopling. sehingga tenaga dari mesin tidak sampai pada gearbox perseneleng. Pada saat ini lah perpindahan gigi dari porseneleng dapat dilakukan.Didalam gearbox porseneleng inilah tenaga dari mesin di atur sedemikian hingga sesuai dengan kebutuhan pengemudi melalui rasio gigi.

2.2  ANALISA KERUSAKAN PADA SISTEM KOPLING DAN CARA MENGATASINYA
2.2.1  Kopling Noise
Penyebabnya
1.   Plat kopling berminyak, cara mengatasinya bersihkan plat kopling seperlunya      dengan amplas, atau gantilah dengan suku cadang yan baru.
2.   Bantalan mesin longgar, cara mengatasinya kencangkan baut bantalan mesin.
3.   Damper plat kopling rusak, cara mengatasinya yakni perbaiki atau ganti suku
     cadangnya.
4.   Ujung pegas diafragma tidak sejajar, cara mengatasinya stel atau ganti suku         cadang yang baru.

2.2.2  Kopling Menimbulkan Gangguan Suara
1.   Bunyi Clutch release Bearing = bunyi dari drek lahar ini akan terdengar ketika kita menginjak kopling saat mesin hidup, dan akan hilang suaranya ketika kita melepas kopling. Cara mengatasinya bersihkan dan diberi gomok atau grease seperlunya.
2.   Bunyi Pilot bearing = Akan terdengar saat mesin dihidupkan meskipun kita menginjak kopling atau tidak. Cara mengatasinya bersihkan dan diberi gomok
atau grease seperlunya, atau ganti suku  adang yang baru.



                                                                                                                                                                                                                                                            9
3.   Bunyi pada saat jalan = jika kedua bunyi diatas dapat didengar tanpa pergerakan kendaraan, jenis bunyi yang ketiga ini hanya dapat didengar pada saat kendaraan melakukan pergerakan. Bunyi ini berasal dari bearing didalam gearbox. Cara mengatasinya dicek dan bila ada yang bermasalah diganti suku cadangnya.
4.    Bunyi mendesing pada gigi tertentu = hal ini terjadi karena terdapat kerusakan pada pasangan gigi yang bunyi tersebut kemungkinan gigi sudah aus atau rompal sehingga memberikan rongga udara yang dapat menimbulkan bunyi mendesing. Cara mengatasinya segera ganti suku cadangnya.

2.2.3  Kopling Slip

Penyebabnya :
1.  Jarak bebas pedal kopling tidak tepat, cara mengatasinya stel koplingnya.
2.  Plat kopling tercemar oli atau gemuk, cara mengatasinya bersihkan unit – uint kopling.
3.  Pegas plat penekan rusak atau lemah, cara mengatasinya menggantinya dengan suku cadang yang baru.
4.  Fly Wheel menyimpang, cara mengatasinya bersihkan  fly wheel  atau jika ingin   hasil yang maksimal ganti lah suku cadang nya dengan yang asli.
5. Kopling ( clutch disc ) aus, cara mengatasinya ganti segera dengan suku cadang yang baru.

2.2.4  Kopling Tidak Mau Bebas Dengan Sempurna
Penyebabnya :

1. Plat kopling melengkung, cara mengatasinya perbaiki dan cari pnyebabnya jika ingin hasil yang maksimal gantilah dengan suku cadang yang baru.
2.  Jarak bebas pedal terlalu jauh, cara mengatasinya stel pedal kopling.
3.  Kopling hangus, cara mengatasinya ganti suku cadang yang baru.
4.  Semua tuas tidak pada tempatnya,cara mengatasinya perbaiki semua unit yang berhubungan dengan kopling.

2.3  PEMERIKSAAN KOMPONEN – KOMPONEN UTAMA KOPLING
2.3.1  Fly Wheel
1.  Pemeriksaan secara fisual, adalah dengan melihat apakah ada kotoran, luka bekas  gesekan, tergores dan atau retak pada bidang geseknya. Jika ada kotoran, luka bekas gesekan/ terbakar, tergores dan itu hanya sedikit dapat dibersihkan dengan kertas amplas yang halus. Jika kerusakannya parah, ganti dengan plat kopling baru.

                                                                                                                             10
2.  Pemeriksaaan keausan gigi-gigi ring gear dari keausan dan kerusakan. Jika terdapat kerusakan, ganti dengan ring gear yang baru. Penggantian ring gear adalah dengan cara dipanaskan pada suhu 80oC s.d. 100oC, kemudian lepaskan ring gear lama dan pasangkan ring gear baru dengan menggunakan mesin press. Pemanasan tidak boleh melebihi 120oC karena bisa mengubah sifat logam.
3.  Pemeriksaan run-out fly wheel. Dengan dial indikator periksalah run-out fly wheel, Bila run-out melebihi 0.2 mm, gantilah fly wheel.  Gambar 1.2. Pengukuran run – out fly wheel
                                                                       Dan pemeriksaan pilot bearing.

4.  Pemeriksaan Pilot Bearing. Putarkan bearing dan beri tenaga pada arah axial.     Jika putaran kasar dan terdapat kekocakan yang berlebihan, ganti dengan
pilot bearing yang baru.
Penggantian pilot bearing dilakukan dengan melepaspilot bearing lama dengan SSt sliding hamer dankemudian memasangkan pilot bearing baru.  Gambar 1.3. Memasang dan melepaskan                                                                                                          pilot bearing.
2.3.2  Release Bearing
1.  Putar bearing dengan tangan dan berilah tenaga pada arah axial. Jika putaran kasar dan   atau terasa ada tahanan sebaiknya ganti.


                                                                                                                                                                                                                                                                 11
2.  Tahan hub dan case dengan tangan kemudian gerakkan pada semua arah untuk memastikan selfcentering system agar tidak tersangkut. Hub dab casae harus bergerak kira-kira 1 mm. Jika kekocakan berlebihan atau macet sebaiknya diganti dengan yang baru.                                                                                        
Catatan : Jangan mencuci release bearing, karena grease yang ada di dalamnya akan hilang dan akibatnya bearing rusak.
 Gambar 1.4. Pemeriksaan Release Bearing.

2.3.3  Clutch Disc
1.  Pemeriksaan secara fisual, adalah dengan melihatapakah ada kotoran, luka bekas gesekan/ terbakar, tergores dan atau retak. Jika ada kotoran, luka bekas gesekan/ terbakar, tergores dan itu hanya sedikit dapat dibersihkan dengan kertas amplas yang halus.
Jika kerusakannya parah, ganti kampas kopling atau ganti dengan plat kopling baru.
2.  Pemeriksaan dan pengukuran kedalaman paku keling dengan jangka sorong. Batas kedalaman paku keling, minimal 0.3 mm. Jika kedalaman sudah melebihi spesifikasi, ganti kampas kopling atau ganti dengan plat kopling baru. Penggantian kampas kopling dilakukan dengan cara melepas kampas kopling lama dengan merusak paku kelingnya dengan bor, memasang kampas kopling baru dengan paku keling baru dengan urutan menyilang. Lakukan pengetesan kerataan dan keolengan plat kopling dengan bantuan roller instrumen dan dial indikator.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               12
 Gambar 1.5. Pemeriksaan kedalaman paku keling,
                                                                Dan pemasangan kampas
3.  Pemeriksaan kekocakan atau kerusakan torsion dumper. Jika ditemukan kekocakan dan kerusakan pada torsion dumper, ganti dengan plat kopling unit
baru.
4.  Pemeriksaan keausan atau kerusakan alur-alur hub. Kaitkan/ pasangkan plat kopling pada input shaft transmisi, plat kopling harus bergerak dengan mudah tetapi tidak longgar. Jika macet atau longgar ganti dengan plat kopling baru.
5.  Pemeriksaan run-out plat kopling. Dengan rollerinstrumen (mesin/alat-pemutar) dan dial indikator periksalah run-out plat kopling! Bila run-out melebihi 0.8 mm, gantilah plat kopling dengan yang baru.
                          Gambar 1.6. Pengukuran run – out plat kopling.

                                               
2.3.4  Release Fork
Periksalah release fork apakah ada kebengkokan atau keretakan, jika terdapat keretakan maka gantilah suku cadangnya.




                                                                                                                                                13
2.4  HAMBATAN DAN KENDALA
        
 1. Pada saatmembuka baut persneleng, agak sulit karena baut – bautnya terhalangi oleh komponen – komponen mesin lainnya, untuk mengatasinya harus menggunakan kunci sambungan. Terkadang memakai kunci sambungan pun harus bergantian karena hanya ada 1 ( SATU ).
2. Pada saat menurunkan transmisi, diperlukan beberapa orang untuk membantu menrunkannya karena transmisi cukup berat.
3. pada saat mengganti suku cadang, terkadang terpaksa harus sabar menunggu karena stok dibengkel tidak ada dan harus di beli dahulu.




























                                                                                                                                         14



BAB III

PENUTUP

3.1  KESIMPULAN
Kopling merupakan suatu komponen mesin untuk menghubungkan tenaga mesin ke transmisi agar melaju dengan lancar. Adapun persyaratan kopling sebagai berikut:
1.  Harus dapat menghubungkan dan melepaskan tenaga putar dari mesin ke transmisi
secara lembut.
2.  Pada saat menghubungkan tenaga ke transmisi harus dapat memindahkan tenaga tanpa
slip.
3.  Harus dapat membebaskan hubungan dari transmisi dengan sempurna dan cepat.
4.  Memungkinkan motor tetap berputar meski transmisi netral.

Adapun komponen – komponen sistem kopling adalah sbb :
1.  Pedal kopling Berfungsi untuk atau sebagai kekuatan awal dari kaki unutk mendorong push rod.
2.  Push rod Berfungsi untuk menerima tekanan dari pedal kopling sehingga dapat mendorong piston.
3.  O ring Berfungsi untuk mencegah kebocoran fluida.
4.  Seal Berfungsi untuk mencegah fluida agar tidak kembali ke reservoir tank.
5.  Piston in wheel silinder Berfungsi untuk menekan fluida yang berada di master silinder menuju ke release silinder.
6.  Master silinder Berfungsi untuk mengubah tenaga mekanis menjadi tenaga hidroulis.
7.  Reservoir tank Berfungsi sebagai tempat fluida.
8.  Flexible hose Berfungsi untuk meneruskan fluida dari master cylinder ke release cylinder.
9.  Release cylinder Berfungsi mengubah tenaga hidrous menjadi tenaga mekanis untuk mendorong piston.
10. Release fork Berfungsi untuk menekan release bearing.
11. Release bearing Berfungsi untuk mendorong shift lever.
12. Shift lever Berfungsi untuk meneruskan tekanan dari release bearing untuk menekan diaphragm spring.
13. Diaphragm spring Untuk mendorong dan mengungkit pressure plate.
14. Pressure plate Berfungsi untuk menghubungkan dan membebaskan clutch disc dari perkaitan dengan flywheel.
15. Clutch disc Berfungsi untuk membebaskan dan menghubungkan tenaga dari mesin dan transmisi tanpa terjadi slip.



15
3.2  SARAN
 Adapun saran yang ingin saya sampaikan disini adalah sebagai berikut :
1.  Sesegera mungkin mengganti komponen – komponen unit kopling yang rusak, agar tidak berakibat fatal.
2.  Saat mengendarai kendaraan jangan terlalu menggantung kopling karena akan merusak clutch disc  dan komponen lainnya cepat rusak.
3.Ada baiknya rutin melakukan pengecekan pelumasan pada gearbox ( persneleng ) agar mendapatkan pemindahan tenaga yang maksimal.



































                                                                                                                                         16

Related Posts:

0 Response to "LAPORAN PRAKERIN"

Post a Comment